Rabu, 07 Mei 2014

MEDIA PAPAN FLANEL

Media  papan flanel adalah papan yang berlapis kain flanel, sehingga gambar yang akan disajikan dapat dipasang dan dilepas dengan mudah dan dapat dipakai berkali-kali. flannel termasuk salah satu media pembelajaran dua dimensi, yang dibuat dari kain falnel yang ditempelkan pada sebuah triplek atau papan. Kemudian membuat guntingan-guntingan flannel atau kertas rempelas yang di letakkan di bagian belakang gambar. 

Kelebihan media papan flanel:
*   Dapat dipakai untuk semua tingkat dan jenis sekolah serta untuk pelajaran apa saja.
*   Dapat dipakai untuk menerangkan perbandingan, perkembangan atau atau persamaan secara sistematis, sambil menambahkan item satu persatu.
*   Dapat memupuk belajar secara efektif kepada peserta didik, yaitu dengan memberi kesempatan untuk menempelkan item sesuai dengan posisi yang tepat atau tugas guru.
*   Karena kesederhanaan papan flanel dapat dibuat sendiri oleh guru.
*   Dapat dipersiapkan terlebih dahulu dengan teliti.
*   Tidak memerlukan ruangan khusus yang membutuhkan tempat banyak.
*   Item-item dapat diatur sendiri.
*   Item-item dapat digunakan berkali-kali.
*   Menghemat waktu dan tenaga.
*   Mudah digunakan dan diganti-ganti.
*   Biaya yang diperlukan relatif murah.
*   Papan tulis selalu tersedia di ruang kelas.
*   Dapat memusatkan perhartian siswa terhadap suatu masalah yang dibicarakan.
*   Memungkinkan penyesuaian dengan kebutuhan siswa.
*   Siswa menjadi tertarik karena terdapat warna-warna yang menarik perhatian.
*   Gambar-gambar dengan mudah ditempelkan.
*   Memudahkan pengajar menjelaskan materi pelajaran.


Kelemahan media papan flannel:
*   Pada umumnya terletak pada kurangnya
*   persiapan dan keterampilan  para  guru 
*   Memerlukan waktu lama untuk          mempersiapkan materi
*   Memerlukan biaya yang mahal untuk mempersiapkannya
*  lannel/laken mempunyai daya rekat yang kurang kuat, Bila terkena angin sedikit saja, bahan yang ditempel pada papan flanel tersebut akan berhamburan jatuh serta apa  bila ada bahan yang berat juga akan terjatuh
*    Mudah rusak jika tidak dirawat secara teratur
*    Hanya cocok diterapkan pada kelompok kecil
*    sukar menampilkan pada jarak yang jauh
*   Seringkali dianggap tidak perlu
*    dan tidak bermutu karena dianggap
*   tidak menarik jika dibandingkan dengan
*   media-media yang diproyeksikan


Bila memperhatikan kelemahan-kelemahan di atas seorang guru kadang-kadang merasa ragu untuk menggunakan media ini. Tetapi perlu diketahui bahwa media ini sangat yang  efektif agar media ini dapat pula berhasil dengan baik. Langkah – langkah yang dapat dilakukan guru dalam pengunaan media papan flannel ini, antara lain :

v  Walaupun membutuhkan waktu yang lama dalam pembuatannya,  kita harus sabar dalam membuatnya demi kepentingan semua anak
v  Jangan pernah memikirkan masalah biaya atau untung rugi, keberhasilan semua anak adalah suatu kebahagian
v  Item flanel hendaknya dibuat cukup besar untuk dapat dilihat dengan jelas oleh peserta didik yang duduk pada bangku paling belakang.
v  Jangan terlalu banyak menempelkan item pada suatu saat agar tidak membingungkan siswa.
v  Meletakkan papan flanel setinggi garis mata anak, agar semua anak dapat melihat dengan jelas
v  Letakkan item yang penting saja dan letakkan secara sistematis.
v  Cobakan item itu satu persatu, agar dapat diketahui apakah semua item dapat menempel dengan baik.
v  Siapkan item sebelum pelajaran dalam urutan yang teratur  sesuai dengan urutan yang akan diberikan.
v  Warna papan flanel hendaknya warna muda dan item dengan warna tua agar terjadi kontras yang setinggi-tingginya.
v  Sebaiknya papan flanel sedikit dicondongkan ke belakang dan pada waktu menempelkan item hendak-nya sedikit ditekan dan digeser ke bawah agar dapat menempel dengan kokoh.
 


Dengan memperhatikan penggunaan media papan flanel ini  maka dalam proses pembelajaran guru tidak perlu lagi ragu  dapat mengunakan media  ini dengan efektif demi tercapainya tujuan yang ingin dicapai, karena media papan Flanel ini memiliki beberapa kegunaan , yaitu :
1. Dapat dipakai untuk semua tingkat dan jenis sekolah serta untuk pelajaran apa saja
2. Dapat dipakai untuk menerangkan perbandingan, perkembangan atau atau persamaan secara sistematis, sambil menambahkan item satu persatu.
3. Dapat memupuk belajar secara efektif kepada peserta didik, yaitu dengan memberi kesempatan untuk menempelkan item sesuai dengan posisi yang tepat atau tugas guru.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar